BERBAGI CERITA : MEMILIH JODOH


Kesini dong, aku bisikin sesuatu.
Kamu tau gak caranya bedain cinta-cintaan yang cuma mau main doang, sama cinta rasa jodoh, iya jodoh.

Berdasarkan penelitian yang aku lakuin nih ya, pengumpulan data aku lakuin secara observasi, wawancara sampe studi literatur, udah kayak mau nyusun skripsi aja, hehe

Observasi aku lakuin terhadap temen-temen, dan tetangga. Begitu pun dengan wawancara, aku wawancarain temen-temen yang belum ingin menikah, ngebet nikah, gak pengen nikah, sampe yang udah nikah, plus tetangga buat nanyain apa aja permasalahan dalam rumah tangga dan pilih-pilih calon yang nota benenya udah nikah diatas 5 tahun dan ngerti banget seluk beluk rumah tangga, yang belum diketahui sama temen-temen yang belum menikah nih.

Untuk pengumpulan data dengan studi literatur, aku ngumpulin data-data yang berhubungan dengan dunia pernikahan, seperti berapa banyak pernikahan dibawah umur yang berujung perceraian, atau justru kedamaian, ada gitu nikah muda tapi adem-adem aja? Ada dooong hehe

Jadi berdasarkan research yang aku lakukan, aku mengambil beberapa kesimpulan, yang barang kali sebenarnya teman-teman udah tau, cuma aku pengen negasin aja gitu, biar kalian gak iya-iya doang.

1. Memilih jodoh

Aku sering dijadiin tempat curhat temen dari yang mulai PDKT, sampe yang udah pacaran 10 tahun namun belum juga menemui titik terang. Loh? Udah pacaran 10 tahun kok belum nemu titik terang? Nah ini, semakin lama kita temenan atau pacaran, kita makin tau nih boroknya gebetan kita. Dan sebobrok apa pun gebetan kita, itu gak seberapanya loh, masih ada borok lain yang belum kamu ketahui, kapan bakal ketahuan? Entar kalau udah nikah. Beneran? Iya bener.

"Tapi pacarku itu baik banget loh kak", semua orang baik kalau pake topeng :) Dan semua topeng akan jatuh pada waktunya, jadi siap-siap aja. Inget ya, yang kamu pacarin itu manusia, gak ada manusia yang sempurna, jadi lupain manusia sempurna kayak di drama. 

"Pacarku rada kasar sih kak, tapi dia berusaha untuk berubah kok kak", kira-kira dia berubah demi dirinya sendri atau demi kamu nih? kalau demi kamu, mending tinggalin aja. Kenapa? Kalau dia udah muak sama kamu, dia bakal balik lagi ke sifat aslinya.

"Kok bisa muak sih kak?", Pernah denger istilah jawa, "Cedak mambu taik, adoh mambu wangi"? Artinya "Dekat bau tai, jauh bau wangi" udah kodratnya manusia yang mudah muak kalau cuma gitu-gitu aja, yang diliat ya begitu-begitu aja, gak ada pemandangan lain. Kecuali tiap pasangan pulang, kamu tiba-tiba akrobat depan pintu, masak sambil salto hehe maap becanda.

"Jadi kudu gimana? Gak mungkin kita berubah-ubah tiap hari? Kita kan manusia kak, bukan bunglon", Itulah pentingnya komitmen :) Kalau gebetan kamu susah diajak komitmen, mending udahan aja deh, nyari yang udah mau tanggung jawab dan bener-bener punya prinsip, udah gede kan ya?

"Cowokku kasar, entar kalau udah nikah berubah gak kak?", Iya berubah, jadi lebih kasar dari  yang sekarang, dia yang udah kasar dari sononya dipaksa berubah ditambah muak karna cuma kamu mulu yang dia liat dari bangun tidur sampe mau tidur lagi.

"Jadi, gimana cara milih jodoh?", Kalau menurut Dokter Ghea, "You will know it", kamu bakal tau, hati kamu bakal kenal siapa belahan hatinya. Ya itu untuk sebagian orang sih, sebagian yang lain gak peka, padahal jodohnya udah didepan mata, sibuk nyari yang sempurna sih, sibuk nyari yang sesuai sama kriteria, padahal dianya aja gak pantes gitu dapet pasangan sebagus itu, aih aku nyari cermin dulu deh :(

Kalau sekarang kamu lagi deket sama seseorang, coba deh dimatiin bentar hati kamu, maksudnya jangan dibawa perasaan dulu, pikirkan pake logika kamu.

Kalau sekiranya "dia" yang sekarang, dengan segala yang ada pada dia, sifatnya, tingkahnya, tubuhnya, hartanya, agamanya, keimanannya, pekerjaannya, pokoknya semua yang ada di dia, menjadi salah satu orang yang disebut keluarga, apa pun yang kamu lakukan ada dia, mau tidur ada dia, bangun tidur ada dia, mau ngapa-ngapain ada dia, kamu bakal menghabiskan sebagian besar waktu kamu sama dia, kamu bakal seneng gak? kamu bakal bahagia gak? kamu bakal sedih gak? atau malah kamu bakal sengsara? dan yang terpenting, baiknya dia sekarang, apakah bisa menutupi jeleknya dia yang bakal ketahuan pas udah nikah? buruknya dia sekarang, apakah bisa menutupi baiknya dia yang bakal ketahuan pas udah nikah? Coba dijawab pelan-pelan.

Tips nih buat yang gak bisa fokus, coba kamu tanyain ini ke diri kamu pas udah ngantuk banget, atau pas kamu baru aja bangun tidur, kenapa? karna di waktu itu, hati kamu gak ikut main, alam bawah sadar kamu bakal kebuka, dan dari situlah kita bisa ngerti sebenarnya apa yang ada di hati atau pikiran terdalam kita. 

Nah, untuk kesimpulan kedua bakal aku sambung ke postingan selanjutnya ya :)
Terima kasih buat pembaca setia, tinggalin jejak di komen dong, biar aku seneng hehe

Related Posts

Comments

Total Pageviews

Popular Posts