6 Makanan Wajib Untukmu Yang Berjerawat


Kulit mu berjerawat? Sudah banyak mencoba berbagai macam skincare dalam maupun luar negri tapi masih tetap jerawatan? Mungkin kamu harus menyimak daftar makanan berikut yang wajib banget kamu konsumsi ketika kulit wajah mu sedang bermasalah. Ini bersumber dari pengalaman pribadi, karna penulis juga memiliki kulit jenis acne prone dan sensitif bawaan alias jerawatan karna keturunan bukan karna salah perawatan, jadi memang sangat sulit untuk gak jerawatan, tapi setidaknya beberapa makanan berikut bisa sedikit mengatasi permasalahan yang penulis alami.

Berikut ini daftar makanan yang baik untuk kulit berjerawat :

1. Tomat
Buah yang kaya akan vitamin A, C, dan E merupakan buah pertama yang penulis cari ketika kulit wajah mulai bermasalah, buah tomat juga mengandung likopen yang merupakan senyawa anti oksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Minum jus tomat setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Jangan lupa pisahkan antara air dan daging buah, karna yang kita butuhkan hanya sari dari buah tomat. Kamu juga bisa menggunakan tomat sebagai masker.

2. Pare
Pare adalah sayuran yang terkenal karna cita rasanya yang pahit. Tapi jangan meremehkan khasiat dari sayur ini, karna pare memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang tinggi dan sangat baik untuk kulit. Pare menjadi makanan ke dua yang penulis cari ketika wajah mulai beruntusan. Kandunganyang terdapat di buah pare akan membuat jerawat lebih cepat mengering.

3. Sawi Hijau
Sayur hijau satu ini memang sudah sangat terkenal baik untuk kulit. Hal ini dikarenakan sawi mengandung viitamin A, B1, B2, E, C, K dan nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin K yang terkandung dalam sayuran sawi hijau mampu mempercepat penyembuhan luka. Penulis biasanya menjadikan sawi sebagai jus, agar rasanya lebih segar, biasanya penulis mencampurkan sawi dan tomat secara bersamaan, jangan lupa untuk disaring ya.

4. Pepaya
Pepaya adalah salah satu buah yang paling mudah ditemui, karna pepaya memang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini kaya akan vitamin A, C, E dan K sehingga sangat baik untuk kulit. Pepaya juga mampu mencerahkan kulit karna kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya. Penulis biasanya mengkonsumsi buah pepaya ketika wajah sudah mulai kusam dan kurang bercahaya. Kamu bisa menggunakan buah pepaya sebagai masker, dimakan secara langsung, atau dijadikan jus.

5. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang sedang viral akhir-akhir ini, karna banyaknya variasi olahan alpukat yang sangat menggugah selera. Alpukat kaya akan kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitaminA, B1 Dan yang sangat baik untuk kulit. Alpukat mampu mencerahkan, melembabkan dan meremajakan kulit wajah mu. Konsumsi alpukat secara rutin atau kamu juga bisa menggunakan alpukat sebagai masker.

6. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang juga baik untuk kulit. Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat bermanfaat dalam perbaikan tekstur kulit wajah mu. Konsumsi brokoli secara rutin, jika ingin merebus brokoli, usahakan untuk tidak merebusnya terlalu lama, karna akan menghilangkan separuh dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Dari ke 6 daftar makanan diatas, mungkin tak semuanya memiliki pengaruh yang sama karna setiap tubuh memiliki daya serap yang berbeda, kalau untuk penulis sendiri, ke 6 makanan diatas sangat baik untuk mengurangi jerawat yang meradang, akan sangat baik jika bisa rutin memakan 6 makanan di atas dan menjaga pola makan, karna salah satu yang paling berpengaruh adalah pola makan kita sehari-hari.

Related Posts

Comments

Total Pageviews

Popular Posts